Tuesday, November 29, 2011

Pujangga

Pujangga menurut wikipedia :
Pujangga atau bujangga adalah sebutan bagi pengarang hasil-hasil sastra, baik puisi maupun prosa; ahli pikir; ahli sastra.. Padan kata pujangga adalah: sastrawan dan penulis.
 
Pujangga menurut kamus besar bahasa indonesia : 
         Pujangga (pu.jang.ga)
  • pengarang hasil-hasil sastra, baik puisi maupun prosa; (nomina)
    sumber: kbbi3
  • ahli pikir; ahli sastra; bujangga; (nomina)
    sumber: kbbi3
Kamus Bahasa Melayu :

  • pengarang sajak (syair dll) yg agung dan tinggi mutunya; 
  • ahli fikir, ahli sastera (bahasa); kepujanggaan perihal pujangga (karang­-mengarang kesusasteraan), sifat-sifat pujangga.

    hwmmm... Pujangga,, suatu kata yang indah untuk di dengar.. sosok penghibur hati, penggambar suasana, pembangun suasana,, mendengarkan, menyimaknya terasaa mengikuti aliran dimensi yang dibuatnya..
    balutan kata-kata yang indah banyak muncul dari seorang tokoh pujangga, dengan torehan kata dan tulisan ia memunculkan banyak ide, karya yang indah, dan berbagai bentuk macam hati.. oh PUJANGGA, hhe..

    Salah satu tokoh pujangga yang paling besar, terkenal, dan berpengaruh cukup luas, serta banyak dipelajari dan diminati sarjana atau ilmuwan baik dari dalam maupun luar negeri yaitu Ronggowarsito. Dalam tradisi kepustakakan Jawa, Ronggowarsito dianggap sebagai pujangga penutup atau pujangga terakhir, sebab setelah kematiannya tidak ada lagi seorang pujangga, dan meskipun sekarang banyak orang yang menulis karya-karya berbahasa Jawa, tetapi mereka bukanlah pujangga tetapi hanyalah penulis saja. Bahkan Presiden Soekarno menyebut Ronggowarsito sebagai “Pujangga Rakyat”.





    No comments:

    Post a Comment