Saturday, July 21, 2012

Lebih Baik Investasi Emas Atau Properti?


Lebih Baik Investasi Emas Atau Properti?

 

Tanya:
Tolong di-share dong, apa sih kelebihan dan kekurangan investasi di bidang properti dan investasi emas. Yang mana yang lebih baik?
Indra, Jakarta


Jawab:
Hai Indra,    

Memang setiap jenis investasi memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Dalam hal investasi properti dan emas LM, keduanya sama-sama merupakan investasi yang bisa kita lihat fisiknya sehingga banyak orang yang lebih menyukai investasi di properti dan emas LM dibandingkan investasi di reksadana atau saham misalnya. Ini adalah salah satu kelebihan utama kedua jenis investasi tadi.

Dalam hal likuiditas, investasi emas cenderung lebih likuid karena bisa dijual dalam pecahan kecil sesuai dengan berat gramnya dan kebutuhan kita. Sedangkan jika seluruh aset yang kita miliki berada dalam bentuk properti dan uang yang kita butuhkan tidak terlalu besar, kita tetap harus menjual propertinya secara keseluruhan.    

Memilih properti yang sesuai membutuhkan keahlian khusus dan keberuntungan karena faktor utama dalam investasi properti adalah lokasi, lokasi, lokasi, lokasi dan lokasi dan tidak semua orang beruntung menemukan properti yang sesuai. Namun, jika dapat memilih properti yang pas, bukan tidak mungkin kita bisa punya penghasilan tambahan jika properti tersebut disewakan.    

Mengenai mana yang lebih baik, ini akan tergantung pada tujuan finansial yang ingin dicapai. Misalnya, investasi di emas LM dengan tujuan sebagai salah satu komponen dana darurat atau dana pendidikan anak sedangkan investasi di properti dengan tujuan untuk menghasilkan passive income. Setelah menentukan tujuan finansialnya, baru kemudian kita memutuskan produknya. Semoga membantu.

 


No comments:

Post a Comment