Tuesday, March 13, 2012

Kepribadian Dilihat dari Bentuk Tulisan



para analisis tulisan (grafolof) menekankanadanya kemungkinan menganalisis kepribadian seseorang dari bentuk tulisan mereka. para analisis tersebut membuat beberapa rumusan tentang bentuk tulisan sebagai berikut :

  • kemiringan dan tegaknya huruf. jika tulisan miring ke depan, makahal itu menunjukkan bahwa penulisnya adalah pribadi yang berjiwa sosial.

  • lebar da rapatnya tulisan. jika jarak tulisan antar kalimat agak lebar, maka hal itu menunjukkan bahwa penulisnya adalah orang yang suka memutus pembicaraan orang lain. adapun jika jarak tulisan antarkalimt sangat jauh, maka hal itu menunjukkan bahwa penulisnya cenderung tidak percaya kepada orang lain dan lebih senang menyendiri. 

  • margin yang lebar dalam buku menunjukkan bahwa penulisnya adalah orang yang suka keteraturan. adapun margin yang terlalu tinggi diatas kertas atau di sisi kanan menunjukkan kebimbangan dalam memulai sesuatu yang baru. terkadang margin yang sempit di kertas teratas atau disisi kanan menunjukkan kepercayaan diri, sedangkan margin sempit di kertas paling bawah atau disisi kiri menunjukkan kepercayaan diri yang berlebihan ketika memulai aktivitas. 

  • tekanan dalam tulisan. tulisan yang ditekan secara kuat menunjukkan bahwa penulisnya adalah sosok yang kuat, sehat, dan memiliki percaya diri yang tinggi. sedangkan tulisan yang tekanannya sedang-sdang saja menunjukkan bahwa penulisnya adalah orang yang memiliki kepekaan tingi (perasa), kurang sehat, dan mudah ragu-ragu.

  • masa-masa sulit. ketika huruf terkadang mirin ke depan atau ke belakang, hal itu menunjukkan perubahan yang mendadak pada sifat dan temperamen penulisnya. ketika bentuk huruf tidak beraturan sebagaimana tulisan yang sempit dan berhimpit-himpitan, menunjukkan ketegangan dan egelisahan penulisnya. manakala huruf saling menerjang atau jauh dari garis, hal ini merefleksikan karakter kepribadian penulisnya yang tidak terkendali. adapun ketika jarak tulisan lebar-lebar, banyak kesalahan penulisan, kata-kata ada yang kurang atau terbuang, maka hal itu menunjukkan kondisi susah yang sedang mendera penulisnya. 

  • masa-masa lapang. hal ini dapat dilihat dari tulisan seseorang yang sangat rapi, jelas, dan hanya terdapat sedikit kesalahan dalam tulisannya, atau bahkan nyaris tidak ada kesalahan sedikit pun. 

No comments:

Post a Comment