Saturday, May 4, 2013

Apa yang terjadi di gendang telinga kita ?





Apa yang terjadi di gendang telinga kita ?

GENDANG TELINGA

 Gendang telinga adalah salah satu organ di dalam rongga telinga, istilah medis untuk gendang telinga adalah membrana timpani. Fungsi dari gendang telinga ini sangat penting dalam sistem pendengaran manusia. Banyak sekali pertanyaan yang menyangkut tentang gendang telinga ini. Hal ini mungkin disebabkan diri kita tidak pernah bisa melihat gendang telinga kita sendiri.


Anrah.com
Anatomi Gendang telinga

 Gendang telinga adalah membran tipis yang menyerupai selaput yang memisahkan telinga dalam dan luar, berfungsi untuk memisahkan telinga dalam dan luar juga berfungsi untuk menghantarkan getaran suara melalui tulang-tulang pendengaran.

Gendang telinga dibagi menjadi dua; pars tensa (tegang) dan pars flaksida,

1.   Pars tensa, sebagian besar gendang telinga merupakan pars tensa yang terdiri dari 3 lapisan. Bagian terluar lanjutan kulit liang telinga, bagian tengah adalah jaringan ikat, dan bagian dalam  merupakan lanjutan mukosa telinga tengah.
2.   Pars flaksida yaitu yang berada pada bagian atas gendang telinga (daerah atiq), erdiri dari dua lapis tanpa jaringan ikat di bagian tengah.


gendang telinga anatomi

Kerusakan pada gendang telinga dapat menyebabkan tuli konduktif. Penderita tidak dapat lagi mendengar bukan karena kerusakan pada saraf-saraf pendengaran tetapi karena tidak tersampaikannya getaran suara.

Seperti pertanyaan salah seorang pasien saya:

2 hari yang lalu saya dipukul suami, karena kerasnya hingga telinga sebelah kiri saya agak sedikit terganggu dalam mendengar, setelah 2 hari tidak kunjung sembuh, akhirnya saya pergi ke dokter THT, ternyata gendang telinga saya pecah. saya berharap bisa kembali sembuh seperti semula.

Sepertinya pasien saya ini mengalami KDRT ia mengalami gangguan pendengaran, setelah berobat ke dokter spesialis THT diketahui jika gendang telinganya pecah. Istilah untuk penyakit ini adalah ruptur membrana tympani traumatica, artinya adalah gendang telinga seseorang itu pecah akibat terkena pukulan atau benda keras.

Saya sudah menderita c0nge’an pd telinga kiri saat usia mash bayi karna sering jatuh dr ayunan bayi. Kini umur saya hmpir 19 thn tp belum smbuh2 juga, pd hal sudah bnyak cara peng0batan yg sya lakukan, apa telinga saya msih bs sembuh d0k,?

Congek-an, dalam bahasa medisnya adalah Otitis Media Suppurative Kronis, yang dimaksud dengan penyakit ini adalah, bahwa telah terjadi infeksi kronis pada telinga bagian tengah sehingga mengakibatkan organ telinga, gendang telinga robek dan terinfeksi terus- menerus sehingga mengeluarkan nanah terus menerus. Telinga anak anak berbau busuk dan mengeluarkan cairan putih kental berbau. Hal ini bisa disebabkan oleh banyak hal, bisa karena terjatuh, atau trauma, bisa hanya karena batuk-pilek yang lama dan tidak diobati.

gini dok,,,
telinga saya kaya congean gt,,,,,
trus di periksa ke tht kata doter gendang telinganya bolong di karnakan infeksi…
sudah b’obat 4 hari b’jalan g ada cairanya,,,
pas hari ke 5,6,7 cairan itu ada lg….
padahal waktu saya mandi dll lubang telinga saya suka di tutup dok
kenapa dok ya….

Bisa, karena antara rongga hidung-mulut, kemudian mulut-telinga saling mempunyai hubungan. Hidung-mulut melalui rongga faring dan mulut ke telinga melewati suatu saluran kecil yang disebut dengan tuba eustachius. Tuba eustachius ini sangat penting karena ia berperan untuk menjaga tekanan udara di dalam gendang telinga selain sebagai saluran cairan bagi telinga. Pada penderita influenza alias ISPA berat, saluran pernafasan tersumbat oleh cairan kental yang kita sebut dengan ingus. Cairan ini dapat berpindah dan pada akhirnya masuk ke dalam tuba eustachius. Pada akhirnya, udara yang berada di dalam telinga bagian dalam terperangkap dan tidak dapat keluar, akibatnya seseorang tersebut akan merasa bindeng dan telinga seperti terisi. Karena tuba eustachiusnya buntu, maka cairan dan udara akan mencari jalan lain untuk bisa keluar dari dalam tubuh, sebagai akibatnya, gendang telinga akan menjadi bengkak kemerahan sebelum akhirnya menjadi robek dan keluarlah cairan-cairan tersebut dari dalam gendang telinga.

Kemudian ada pasien lagi yang bertanya seperti ini

Kenapa ya doc? Aku kemarin naik pesawat dari Jakarta ke Balikpapan, tetapi setelah tiba di Bandara, kedua telingaku mendadak berdenging, dan pendengaranku mendadak menurun. Setelah aku berobat ke dokter THT, katanya gendang telingaku memerah dan tampak ada robekan kecil. Tapi kata dokter ku, insya allah gendang telingaku masih normal lagi, kira-kira apa ya dok, kok sampe satu bulan ini pendengaranku belum pulih-pulih?

Penyakit yang diderita oleh teman kita ini disebut Barotrauma.

Barotrauma adalah kerusakan pada bagian dalam telinga terutama gendang telinga disebabkan karena perbedaan tekanan udara antara udara diluar gendang telinga dengan bagian dalam gendang telinga. Gendang telinga adalah pemisah antara saluran telinga luar dan saluran telinga dalam. Jika terjadi perbedaan tekanan udara, maka udara akan saling berpindah ke tempat yang tekanannya kurang untuk mempertahankan keseimbangan tekanan. Perubahan tekanan secara mendadak dapat menyebabkan robekan pada gendang telinga. Siapa saja yang paling mungkin mengalami gangguan ini? Pendaki, pilot, penyelam adalah yang paling rentan terkena sakit ini. 
Ada pertanyaan lainnya sebagai berikut:

Saya dari kecil sudah menderita conge’an.hingga umur saya skrg 29 thn pendengaran jd budeg.teman ngomong biasa tp saya ga dengar. gendang telinga saya pecah kanan dan kiri kata dokter tht.berapa biaya operasi untuk 2 telinga dok.saya ga pede apalagi dengan suami dan susah cari kerjaan.mohon jawabannya dok? Dok, apa sih istilahnya operasi telinga itu? Kapan dilakukan? Masak saya disuruh operasi oleh dokter…

Waduh, kalo masalah biaya operasi gendang telinga saya juga kurang tahu bu, karena setiap rumah sakit pasti menetapkan tarif yang berbeda-beda, tetapi kalo ibu pake Jamskesmas mudah-mudahan banyak gratisnya, hehe

Operasi untuk memperbaiki gendang telinga itu disebut dengan Tympanoplasty. 

Operasi ini penting untuk merekonstruksi atau membentuk ulang membrana timpani alias gendang telinga kita. Ada dua cara yang dilakukan, bisa dengan menggunakan bius lokal ataupun dengan bius umum atau ditidurkan, tetapi kebanyakan pasien gendang telinga memilih bius total. Jika perforasi atau nanah alias congek-nya cuma sedikit, maka operasi bisa dilakukan menggunakan anastesi lokal saja.

Dokter, telinga saya kok mengeluarkan darah, banyak sekali, memang semalam saya habis membersihkan telinga saya dan keluar darah sedikit dari telinga, sekarang kok bertambah banyak, kenapa ya dok?

Sebenarnya, anda tidak perlu cemas,  belum tentu gendang telinga anda robek, pertolongan pertama saat telinga anda berdarah adalah anda mencari kapas atau kassa, lebih bagus lagi jika ada cairan alkohol 70%. Lumuri kapas atau kassa dengan alkohol terlebih dahulu kemudian masukkan ke dalam telinga, jangan terlalu dalam! Cukup menutup lubang telinga bagian luar dulu. Ingat, jangan coba-coba mengorek atau mencungkil isi telinga karena kita tidak tahu apa yang ada dalamnya. Setelah telinga ditutupi, cepatlah pergi ke dokter spesialis THT atau cukup ke dokter umum. Dokter kemudian akan memasukkan alat yang disebut dengan otoskop untuk melihat kondisi di dalam telinga. Ingat! Biasanya gendang telinga tidak berdarah apabila robek, justru permukaan yang berada di rongga bagian luar yang sering robek dan mengeluarkan darah.

Dokter saya menyebut jika telinga dan gendang telinga saya mengalami perforasi, apa maksudnya dok?

Perforasi Gendang Telinga adalah suatu keadaan dimana ditemukan adanya suatu lubang di dalam gendang telinga.  Perforasi biasanya ditandai dengan adanya gangguan dalam proses pendengaran. Bolongnya gendang telinga ini mengakibatkan bakteri dengan mudah bisa masuk kebagian dalam telinga dan akhirnya menimbulkan infeksi.

Pada awal prosesnya, perforasi gendang telinga akan mengakibatkna rasa nyeri yang sangat hebat pada telinga bagian dalam dan akan hilang tiba-tiba diikuti dengan berlubangnya dan penurunan pendengaran pada telinga. Kehilangan pendengaran akan bertambah buruk jika disertai dengan kerusakan pada tulang-tulang pendengaran atau cedera pada telinga bagian dalam.

2 comments:

  1. Dok, mau tanya. Anak saya 5th, awalnya telinga bagian dalam terasa sakit, kemudian paginya mengeluarkan cairan dan katanya sakitnya sudah hilang (cairannya tidak berbau). 2 minggu kemudian keluar bau yg tidak enak pada telinga, setelah saya beri obat tetes telinga (Vital antiseptic) baunya berkurang tapi rasa sakitnya masih ada sedikit. Karena saya agak kawatir, sy periksakan ke THT, katanya gendang telinganya bolong tp sangat kecil (saya lihat di monitor), mungkin karena pilek (karena anak saya memang sdh agak lama pilek), kemudian diberikan obat cetinal dan antibiotik. Apakah dengan obat saja gendang telinganya akan kembali normal? terimakasih.

    ReplyDelete
  2. Assalamuakaikum, dok sy mau tanya, sy dri kecil menderita congek, umur sy sekarang 28 thn, infeksi telinfa sy kambuh lagi kt dokter THT gendang telinga sy sebelah kiri sd tdk ada dan tulang pendengaran sy sd rusak, tindakan apa yg mesti dilakukan dok, apakah jika nantinya dioperasi bisa dibuatkan gendang telinga palsu lagi gak dok, terima kasih sebelumnya, mohon jawabannya dok.

    ReplyDelete