Thursday, August 2, 2012

Atasi Kulit Wajah yang Sangat Berminyak


Mengatasi Kulit Wajah yang Sangat Berminyak


Tanya:
Kulit wajah saya sangat berminyak, padahal saya selalu mencuci muka 2 kali sehari. Berbagai krim sudah saya coba tetap saja tidak berhasil. Bahkan setelah mencuci muka 2 jam kemudian langsung berminyak dan tampak kusam. Teman saya pernah menyarankan untuk peeling, sudah coba dan tetap saja masih berminyak. Bagaimana cara mengatasi kulit wajah seperti ini?
Chandra, 24 tahun


Jawab:
Hi Chandra,        

Seperti halnya kulit kering, kondisi kulit berminyak bukan kondisi yang harus "disembuhkan", karena itu adalah kondisi kulit kita yang berasal dari gen masing-masing orang. Yang dapat kita lakukan adalah mengenali kondisi tersebut dan bagaimana menghadapinya. 

Kesalahpahaman paling umum jika kita memiliki kulit berminyak adalah kita harus menggunakan produk yang berlabel mattifying. Pada praktiknya, hal ini tidak selalu benar. Yang dibutuhkan adalah produk yang dapat mengontrol dan menyeimbangkan produksi sebum. Produk yang menguras minyak sampai habis malah akan memicu produksi sebum yang lebih banyak sebagai kompensasi, dan kemudian malah memicu timbulnya jerawat.

Langkah-langkah berikut dapat diikuti untuk merawat kulit berminyak:


1. Pilihlah pembersih yang tepat. Membersihkan wajah adalah langkah yang paling penting untuk kulit berminyak. Benar seperti Chandra bilang, untuk selalu membersihkan wajah 2 kali sehari. Pilihlah produk yang mengandung clay, great purifier, dan dirt magnet. Biasanya, pembersih yang mengandung kandungan-kandungan tersebut sangat efektif membersihkan kulit yang berminyak. Beberapa produk pembersih yang cocok untuk kulit berminyak bisa dilihat disini. 

Oatmeal cleanser juga adalah pilihan yang sangat cocok untuk bisa kamu coba.

2. Jangan pernah melupakan toner, karena selain mengembalikan kelembapan kulit, toner juga berfungsi sebagai langkah pertama dalam mengendalikan sebum di wajah. Pilihlah produk yang tidak mengandung terlalu banyak acid dan astringen. Ini malah akan memperburuk keadaan kulit.

3. Hanya karena kulit kita memproduksi minyak berlebihan, tidak berarti kita tidak butuh pelembap. Dalam memilih pelembap, pilihlah produk yang tidak mengandung minyak dan mengandung asam salisilat.

No comments:

Post a Comment