Sunday, August 26, 2012

KENAL, RAKIT, TROUBLE SHOOTING KOMPUTER

KENAL, RAKIT, TROUBLE SHOOTING KOMPUTER

PENGENALAN KOMPUTER
1. Jenis Komputer apa saja?
PC (Personal Computer) atau Desktop Computer atau komputer untuk digunakan di rumah atau kantor2 atau biasa di meja kerja, Laptop/Notebook/Palmtop.
2. Jenis2 komputer berdasarkan kecepatan Processor apa saja (dari yang lama sampai yang baru [2008]) ?
286, 386, 486, P1 (Pentium 1), P2, P3, P4, P4 Core 2 Duo, P4 Core 2 Quad, P4 Core 2 Extreem.
3. 1 Set PC (Personal Computer) terdiri dari apa?
CPU, Monitor, Keyboard, Mouse.
4. Asesoris (Perlengkapan Tambahan) dari 1 Set PC apa saja?
Filter Radiasi Monitor, Stabilizer, Printer, Scanner, Speaker, Headset, BlueTooth, InfraRed, CardReader, Modem.
5. Di dalam CPU (Central Processing Unit [+Casing]) terdapat perangkat apa saja?
PS (Power Supply), Kipas, MotherBoard, Floppy Drive, HardDisk Drive, CD/CD RW/DVD/DVD RW Drive, Small Different Use Speaker.
6. Pada MotherBoard terpasang apa saja (dari tipe MB lama sampai yang baru [2008]) ?
Soket Processor+Processor+HeatSinc+Kipas, Slot Memory+Modul Memory, VGA Card (OB/no OB), Network Card (OB/no OB), Modem Card (Accessories), Expansion Slot, Battery Slim CR 2032, IC CMOS, IC North Bridge, IC South Bridge, Interface Floppy Disk Drive, Interface IDE/ATA, Interface SATA, Switch & Led Indikator Connector, KeyBoard Connector, Mouse Connector, Serial Port, Paralel Port, USB Port, VGA Port, Audio Port, Kabel Power, Kabel Data, Jumper, Error Indicator by 7-Segment.
7. Expansion Slot pada MotherBoard terdiri dari apa (dari tipe MB lama sampai yang baru [2008]) ?
VL Bus, ISA, PCI, AGP, PCI express.
8. Jenis Memory yang terpasang pada MB apa saja (dari tipe MB lama sampai yang baru [2008]) ?
RAM, DRAM, SDR RAM, DDR RAM, DDR 2, DDR 3.
9. Jenis2 Casing untuk komputer desktop apa saja?
Slim, Mini Tower AT, Mini Tower ATX, Midle Tower, Tower.
10. Pada komputer dikenal sebutan Hardware dan Software, apa artinya ?
Hardware adalah perangkat keras yang membentuk komputer dan software adalah perangkat lunak untuk mengendalikan hardware bagi pengguna komputer (operator) komputer.
PERAKITAN KOMPUTER
1. Apa yang harus dibeli/disiapkan untuk dapat merakit sebuah PC (Personal Computer [Desktop]) ?
Casing Mini Tower (termasuk bonus Sekrup, PS, Kabel ke Listrik PLN, Kabel Power, Kipas, Small Different Use Speaker), MotherBoard pilih sesuai tipenya (termasuk bonus Kabel2 Data sesuai dengan Interface yang ada pada MB), Proccessor (termasuk kipas dan heat sinc [alumunium pendingin]), Modul Memory, Floppy Drive, HardDisk Drive, CD/CD RW/DVD/DVD RW Drive, Monitor, Keyboard, Mouse.
{Masing2 harus dipilih spesifikasinya berdasarkan kecepatan kinerja perangkat dan peluang up grade [peningkatan kemampuan perangkat] untuk disesuaikan dengan keinginan dan kemampuan keuangan)
2. Peralatan apa yang harus dipersiapkan ?
Obeng -, obeng +, tang jepit. tang potong, pinset, buku manual MB, Kertas, Kuas, CD Software.
3. Bagaimana cara merakit PC ?
Bongkar Casing.
Pakai otak dan logika untuk memasang MB pada Casing dengan sekrup yang telah disediakan waktu membeli Casing dan sesuaikan pemasangan sekrup dengan lubang pada MB dan Casing (atau untuk detilnya bisa dengan melihat buku manual MB). Setelah MB terpasang pada bagian dari Casing, Casing jangan ditutup dulu karena langkah berikutnya adalah …..
Copot dulu PS untuk sementara jika diperkirakan akan mengganggu pemasangan MB beserta perangkat yang terpasang pada MB.
Pakai otak dan logika untuk mencari tempat yang sesuai lalu membuka kunci pengait untuk memasang Processor pada tempat/lubang/soket yang telah disediakan pada MB, sesuaikan dengan “tanda” nya yang lain sendiri; misalnya jika pada Processor ada tanda titik pada salah satu sudutnya maka tancapkan pada soket Processor dengan posisi titik Processor ketemu titik pada soket MB lalu tutup kembali kunci pengaitnya lalu pasangkan kipas khusus Processor.
Pakai otak dan logika untuk mencari tempat yang sesuai lalu membuka kunci pengait untuk memasang Modul Memory pada tempat/lubang/soket yang telah disediakan pada MB, sesuaikan dengan “tanda” nya; misalnya pada memory ada lekukan maka tancapkan pada soket dengan posisi yang pas lalu tekan sampai pengaitnya mengunci sendiri secara otomatis saat di tekan.
Pasang kembali PS pada Casing dengan sekrup2nya jika sebelumnya telah dilepas.
Tancapkan Kabel Power dari PS ke Connector/colokan pada MB yang sesuai bentuk dan jumlah colokannya. Bentuk Kabel Power dari PS ini berbeda dengan yang lainnya dan hanya ada satu buah yang biasanya lebih besar sendiri.
Jika ada, pakai otak dan logika untuk mencari tempat yang sesuai lalu membuka kunci pengait untuk memasang VGA Card pada Expansion Slot yang sesuai lalu tekan sampai kedudukannya kokoh lalu pasang sekrup untuk mengaitkan Card pada Casing.
Jika ada, pakai otak dan logika untuk mencari tempat yang sesuai lalu membuka kunci pengait untuk memasang Audio Card pada Expansion Slot yang sesuai lalu tekan sampai kedudukannya kokoh lalu pasang sekrup untuk mengaitkan Card pada Casing.
Jika ada, pakai otak dan logika untuk mencari tempat yang sesuai lalu membuka kunci pengait untuk memasang NIC (Network Interface Card) / Kartu Jaringan pada Expansion Slot yang sesuai lalu tekan sampai kedudukannya kokoh lalu pasang sekrup untuk mengaitkan Card pada Casing.
Jika ada, pakai otak dan logika untuk mencari tempat yang sesuai lalu membuka kunci pengait untuk memasang Modem Internal Card pada Expansion Slot yang sesuai lalu tekan sampai kedudukannya kokoh lalu pasang sekrup untuk mengaitkan Card pada Casing.
Pasang masing2 Kabel Data sesuai dengan connector/interface yang disediakan pada MB.
Pasang Floppy Drive, HardDisk Drive, CD/CD RW/DVD/DVD RW Drive; masing2 disesuaikan pada tempat yang telah disediakan pada Casing.
Tancapkan masing2 Kabel Data (dari MB yang telah terpasang pada interfacenya masing2) pada Floppy Drive, HardDisk Drive, CD/CD RW/DVD/DVD RW Drive disesuaikan pada colokannya/pasangan yang pas.
Pasang Kabel Switch (Power on/off, Reset, Turbo), Kabel Led Indikator (on/off, HardDiskDrive, Turbo), Kabel Small Different Use Speaker dll masing2 disesuaikan pada tempat/connector yang telah disediakan pada MB.
Tutup kembali Casing dengan sekrup2nya.
Tancapkan masing2 kabel Listrik PLN ke CPU/PS, Kabel Listrik dan Penghubung Data Monitor, Kabel KeyBoard, Kabel Mouse dll pada connector/lubang yang susuai dari bagian belakang Casing/CPU.
Perakitan Hardware PC telah selesai.
TROUBLE SHOOTING SETELAH PERAKITAN
1. Setelah PC dirakit bagaimana cara menghidupkan komputer ?
Cari tombol on/off (pada Casing/CPU dan monitor) untuk mengaktifkan komputer lalu aktifkan lalu kipas berputar lalu lampu indikator pada Casing/CPU menyala lalu terdengar bunyi beep pendek (tergantung jenis MB) 1x atau 2x lalu pada monitor ada tampilan (tulisan dan gambar).
2. Kendala2 (Troubles) apa saja yang dihadapi setelah merakit PC ?
a. Komputer tidak mau menyala.
b. Ada bunyi2 aneh selain 1x atau 2x beep pendek.
c. Pada monitor tidak ada tampilan apapun.
d. Lampu indikator pada Casing/CPU tidak menyala.
e. Ada bau gosong atau timbul asap pada Casing/CPU.
3. Apa yang menyebabkan munculnya kendala2 tersebut dan bagaimana mengatasinya (Shooting) ?
a. Pemasangan semua yang terpasang pada MB & atau kabel2 tidak pas atau tidak kokoh à Periksa dan perbaiki.
b. 1x panjang & 1x pendek à MB atau Memory error à Bersihkan MB/Memory sekaligus periksa dan perbaiki pemasangannya. 1x panjang & 2x pendek atau 1x panjang & 3x pendek à Pemasangan VGA Card tidak pas/kokoh atau Port/Connector/Keyboard rusakà Periksa dan perbaiki. Panjang terus-menerus à Memory atau Slot Memory tidak terhubung dengan baik dan Pemasangan VGA Card tidak pas/kokoh à Periksa dan perbaiki. Pendek terus-menerus à Pemasangan kabel PS tidak terhubung dengan baik atau Tegangan/Arus PS tidak sesuai dengan yang seharusnya à Periksa & perbaiki pemasangan kabel PS atau ganti PS.
c. Pemasangan kabel pada monitor tidak pas atau VGA Card rusak atau Monitor rusak à Periksa dan perbaiki.
d. Pemasangan Kabel2 Led indikator dari Casing ke MB tidak sesuai atau terbali à Periksa dan perbaiki.
e. PS rusak atau PS/MB kotor atau Tegangan/Arus Listrik PLN tidak stabil (makanya di sarankan menggunakan Stabilizer motor atau yang lebih bagus) à Bersihkan PS & MB, ganti PS, ganti komponen MB yang rusak.
SETTING BIOS
1. BIOS apaan tuh ?
2. Cara settingnya gimana ?
3. Apa saja yang perlu di setting di BIOS ?
nyanteei … masih bersambung …….
BACKUP & RESTORE
Untuk membuat salinan pengaturan sisterm windows (Sistem, Boot, Registry dll) kita perlu :
1. Membuat Restore Point
a. Dari tampilan Desktop, Klik Start à Programs à Accessories à System Tools à System Restore
b. Dari tampilan System Restore, pilih Create a restore point à Next, kemudian ikuti petunjuknya sedikit untuk membuat nama filenya lalu file System Restore telah berhasil di buat dengan terdapat tambahan nama yang kita buat tadi.
2. Membuat salinan (Backup)
a. Dari tampilan Desktop, Klik Start à Programs à Accessories à System Tools à Backup
b. Dari tampilan Backup and Restore, pilih dan klik back up files and settings à Next à pilih Let me choose what to back up à klik tanda + My Computer lalu kasih tanda ceklist (centang) pada System State untuk membuat backup BootFiles, COM + Class Registration Database dan Registry à Next à pilih tempat untuk membuat file backup dan tulis namanya à Next à Klik Advance (pilih Normal jika ini yang pertama kali) à Next à jangan di beri tanda centang apapun, Next à pilih Append this backup to the existing backups à Next à pilih Now à Next à Finish kemudian setelah menunggu beberapa waktu file backup telah berhasil dibuat.
Untuk memperbaiki Windows XP yang rusak karena kesalahan konfigurasi atau manipulasi Registry kita perlu :
1. Restore System to an earlier time
a. Dari tampilan Desktop, Klik Start à Programs à Accessories à System Tools à System Restore
b. Dari tampilan System Restore, pilih Restore my computer to an earlier time à Next à pada tampilan Select a Restore Point, pilih tanggal terakhir saat kondisi sistem windows dalam keadaan baik (sebelum rusak) à Next à setelah selesai, windows akan otomatis Restart kemudian sistem windows akan kembali seperti saat memilih tanggalnya tadi.
MANIPULASI REGISTRY
CoNtoH PeNGAtuRAN ReGisTRy
FUNCTION
PATH KEY
NAME
TYPE
DATA
Mengubah nama pada titlebar Internet Explorer
HKCU\Software\Microsoft\Internet Explorer\Main
Window Title
SZ (String)
Nama Judul Kita
Mengunci instalasi aplikasi
HKLM\Software\Policies\Microsoft\Windows\Installer
DisableMSI
DWORD
0=default, 1=admin only, 2=disable
Mengaktifkan Wraping Notepad
HKCU\Software\Microsoft\Notepad
fWrap
DWORD
0=off, 1=on
Membersihkan sampah setelah uninstall
HKLM\Software\Microsoft\Windows\Current Version\Uninstall
Cari yang mau di hapus lalu hapus.
Otomatis endtask saat shutdown windows
HKCU\Control Panel\Desktop
AutoEndTasks
SZ (String)
0=disable, 1=enalble autoendtask
Mempercepat proses shutdown
HKCU\Control Panel\Desktop
HungAppTimeOut, WaitToKillAppTimeOut
SZ (String)
1000 (1 detik)
LINK:
NewDigitalLife.com | Be Digital – Be Life
AllTradingSecrets.com | Trading Secrets for Profits
AllTrainings.com | Get Trained for Success

No comments:

Post a Comment