Saturday, August 4, 2012

Tips Mengatasi Bibir Pecah-pecah


 Jangan Menjilati Bibir Anda Ketika Anda Merasa Bibir Anda Kering

 Tips Mengatasi Bibir Pecah-pecah

Tentu tak enak merasakan bibir pecah-pecah.  Bagaimana mengatasinya?

Beberapa tips bisa menjadi panduan Anda dalam mencegah dan mengatasi masalah bibir pecah-pecah. Saat bibir mulai mengering, biasanya hal pertama yang mungkin Anda lakukan adalah berusaha melembabkannya dengan cara menjilatnya.  

Menurut Dokter Beauty Konsultan Aina Beauty Center (ABC), dr. Yoshika Kurnia Sari, hal tersebut ternyata hanya akan meredakan masalah bibir kering untuk sementara waktu.         

"Tapi, begitu ludah mengering, bibir anda bahkan akan lebih kering dari sebelumnya," tuturnya, Sabtu (4/8/2012). 

Penyebabnya, lanjut Yoshika, menjilat bibir akan menghilangkan minyak pelindung alami bibir. Selain itu, zat kimia di ludah yang berfungsi mencerna makanan malah akan berusaha "mencerna" bibir.         

"Karena itu, salah satu cara mencegah bibir kering jadi pecah-pecah adalah dengan berusaha tidak menjilatnya," paparnya.

Bibir pecah-pecah ini juga bisa mengalami peradangan dan menimbulkan luka goresan. Jika tidak ditangani dengan benar malah bisa memicu retakan dan pendarahan pada bibir.     

 Ada baiknya menjaga kelembaban tubuh sepanjang hari dengan memperbanyak minum air saat anda mengalami kondisi bibir pecah-pecah.

Selain itu, saat berada di luar ruangan, jangan lupa melindungi kulit bibir Anda dengan lip balm yang mengandung sunscreen bagi bibir sensitif.

"Jika Anda perokok, maka berhentilah, lantaran merokok akan mengeringkan minyak bibir dan meninggalkan bibir dalam keadaan kering sehingga mudah pecah-pecah," paparnya.

No comments:

Post a Comment