Wednesday, August 1, 2012

Pabrik Makanan Dalam Sehelai Daun (Pentingnya Proses Fotosintesis)


Pabrik Makanan Dalam Sehelai Daun

 

Daun. Kita mengenalnya sebagai bagian tanaman yang terpenting. Beberapa jenis daun tanaman dapat kita konsumsi, sebagai bahan makanan maupun untuk obat. Sebagian jenis lainnya kita nikmati keindahannya, sebagai tanaman hias. Daun yang tak lazim dimakan manusia, seperti rumput-rumputan, dijadikan makanan binatang ternak.

Tapi, mungkin kita sadari, bahwa di balik kesederhanaan sehelai daun, terdapat serangkaian proses biokimia yang luar biasa. Proses itu bernama fotosintesis, yaitu proses pembentukan zat-zat makanan karbohidrat oleh tumbuhan dengan mengambil energy dari sinar matahari. Bagian terpenting dari proses ini adalah klorofil, atau zat hijau daun.

 

Secara sangat sederhana, proses fotosintesis dimulai saat tanaman dengan energy yang diterimanya dari partikel cahaya, memecah molekul air menjadi molekul oksigen dan hidrogen. Hidrogen bereaksi dengan karbon dalam gas karbondioksida untuk membentuk getah tanaman yang sangat penting bagi tanaman untuk bertahan hidup. Dengan kata lain, tanaman yang sangat penting bagi tanaman untuk bertahan hidup. Dengan kata lain, tanaman memproduksi makanan sendiri. Oksigen yang tidak digunakan, di sisi lain dilepaskan ke udara. Sebagian besar oksigen yang kita hirup di atmosfer dihasilkan dengan cara itu.

Hasil dari proses fotosintesis adalah karbohidrat, salah satu sumber makanan utama bagi makhluk lainnya. Zat yang dihasilkan selama fotosintesis sangatlah penting bagi tanaman diri sendiri maupun untuk hewan dan manusia, karena tanaman adalah sumber utama makanan dari semua makhluk hidup di bumi. Dengan kata lain, daun dengan proses fotosintesisna adalah pabrik makanan dirinya dan bagi makhluk hidup di bumi ini.

 Dan fotosintesis ini telah berlangsung sejak pertama kali tanaman diciptakan. Allah yang Maha pencipta telah melengkapi tanamn dengan zat klorofil sebagai pemberi makan untuk tanaman dan juga keberlangsungan makhluk hidup lainnya. Tak ada tanamn yang berkreasi dengan sendirinya, menciptakan proses rumit ini. Karena mereka tak mampu berpikir dan berkreasi.

“Dan banyak sekali tanda-tanda (kekuasaan Allah) dilangit dan di bumi yang mereka melaluinya, sedang mereka berpaling dari padanya. Dan sebagian besar dari mereka tidak beriman kepada Allah, melainkan dalam keadaan mempersekutukan Allah (dengan sembahan-sembahan lain).” (QS. Yusuf, 105-106)


No comments:

Post a Comment