Monday, October 15, 2012

Makan Disaat Bekerja Picu Pembekuan Darah


 Makan Disaat Bekerja Picu Pembekuan Darah

Makan Sambil Bekerja Picu Pembekuan Darah
Tugas yang menumpuk dan tenggat waktu yang semakin dekat kadang membuat seseorang melewatkan waktu istirahat makan siang mereka.

Beberapa malah melakukan pekerjaan ganda, makan seraya meneruskan pekerjaan mereka. Faktanya, hal itu bukanlah hal yang bagus, pasalnya hal tersebut tidak bagus bagi otak dan fisik sang pekerja.          

Konsultan kesehatan asal Inggris Annya Stephens-Boal mengatakan tubuh dan otak yang bekerja selama 10 jam tanpa diselingi istirahat memperbesar risiko potensi pembekuan darah.    

Waktu istirahat di sela waktu bekerja itu harus digunakan dengan baik. Pasalnya pembekuan darah dapat memicu kematian lebih dini.     

"Yang menakutkan adalah hampir 80% pekerja tidak sadar akan tanda-tandanya. Kami menyebut (pembekuan darah) sebagai pembunuh yang sunyi," ujar Stephens-Boal.

Bukan hanya itu, makan seraya bekerja juga buruk terhadap penyerapan nutrisi makanan. Penyerapan nutrisi ketika kondisi sedang stress akan membuat enzim pencernaan bekerja tidak sempurna. Oleh karena itu, Stephen-Buol menyarankan waktu istirahat makan siang minimalnya 40 menit.     

"Sepuluh menit setelah makan adalah masa pencernaan makan. Selanjutnya, 20 menit kemudian sebaiknya digunakan untuk relaksasi agar sirkulasi darah kembali lancar." (Mirror/DK/OL-9)

No comments:

Post a Comment