Monday, October 22, 2012

Menanggapi Komentar Negatif Rekan Kerja


 
Bersahabat dengan Komentar Negatif Rekan Kerja

 Komentar Negatif Rekan Kerja

DALAM dunia kerja akan ada banyak orang yang tidak menyukai kehadiran Anda. Hal tersebut tidaklah aneh. Agar pikiran Anda tidak terganggu dengan hal tersebut, simak beberapa tips berikut ini.   

1. Hindari debat. Meskipun Anda merasa kesal dengan argumen negatif rekan kerja terhadap Anda, lebih baik hindari debat. Debat hanya akan menjatuhkan nilai positif yang Anda miliki. Cobalah untuk tenang dan obyektif. Jika Anda mendapat kesempatan untuk berbicara, berikan sedikit argumen bahwa yang rekan Anda katakan tidaklah benar dan buktikan. Setelah itu, Anda bisa menyudahi pembicaraan yang menyebalkan.             

2. Menjadi positif dan empati : tidaklah salah jika Anda tetap berpikir positif mengenai apa yang rekan Anda lontarkan mengenai kinerja ataupun kepribadian Anda. Anggap hal tersebut merupakan cermin agar Anda semakin menginstrospeksi diri ke arah lebih baik. Selain itu, cobalah berempati dengan orang tersebut, bisa jadi ia hanya ingin memberikan penilaian terhadap Anda, namun caranya yang tidak bersahabat.         

3. Memintanya untuk berkata secara langsung. Di era modern seperti ini, tidaklah heran jika media sosial menjadi alat yang ampuh untuk menyindir seseorang yang tidak disukai. Ya, jika Anda dalam posisi tersebut, Anda tidak perlu takut untuk mengonfirmasi mengenai kebenaran maksud dan tujuan rekan Anda. Mintalah ia memberikan kritik di depan Anda secara langsung dan jangan menghindar ketika si pemberi kritik sudah meluangkan waktu.             

4. Abaikan mereka. Salah satu cara terbaik untuk berurusan dengan rekan kerja yang selalu membicarakan hal negatif tentang Anda di facebook, twitter, blog atau media lainnya, adalah dengan mengabaikannya. Mengabaikan disini bukan berarti Anda membiarkan banyak orang terhasut oleh ucapannya yang sama sekali tidak benar, namun langkah diam Anda akan membuatnya bosan dan pada akhirnya ia akan mengakhiri perbuatan yang sebenarnya merugikan Anda. Untuk hal yang satu ini, cobalah untuk menghindari pembicaraan yang memungkinkan ia banyak menulis komentar yang negatif tentang Anda. Setelah Anda sudah siap, Anda bisa memilih untuk membaca atau menghapusnya. Jangan meninggalkan respon apapun, karena sebenarnya ia hanya memancing Anda untuk marah, bahkan di depan umum.     

5. Jika mempunyai teman terpercaya ceritakanlah apa yang Anda alami dengan cara positif untuk setidaknya membuat hati dan pikiran Anda lega. Selain itu, teman yang baik pasti akan memberikan solusi terbaik mengenai langkah apa yang sebaiknya Anda ambil.

No comments:

Post a Comment