Wednesday, January 11, 2012

Makalah KALIMAT MAJEMUK BERTINGKAT


PRAKATA

Makalah ini saya susun menurut pokok-pokok tata baku bahasa indosesia  yang di pakai dalam suasana yang resmi. Makalah ini saya buat guna mendalami kalimat majemuk bertingkat dan belajar berbagi ilmu bersama teman- teman.
Makalah kalimat majemuk bertingkat ini saya tujukan kepada seluruh orang yang terpelajar yang ingin menyerasikan pengetahuan di bidang kalimat majemuk bertingkat. Makalah ini saya susun bukan sebagai panduan tetapi hanya di gunakan sebagai referensi saja.
Makalah kalimat majemuk ini merupakan hasil dari penelitian saya sendiri, saya sadar sepenuhnya bahwa makalah ini masih menunjukan banyak rumpang dengan begitu saya mohon tanggapanya..







BAB I
PENDAHULUAN

Kalimat majemuk bertingkat memperlihatkan berbagai jenis hubungan semantik antara subordinatif, yakni salah satu merupakan induk dan yang lain merupakan keterangan tambahan. Itu lah yang di maksut dengan kalimat majemuk bertingkat. Marilah kita belajar bersama mengenali kalimat majemuk bertingkat sesuai dengan Hubunganya.







BAB II
ISI

    I.            Hubungan waktu kalimat majemuk bertingkat
Kata penghubung yang digunakan adalah sejak, semenjak, sedari, ketika, sebelum, sesudah, hingga, sementara, seraya, tatkala, selama, selagi, serta, sambil, seusai, sesudah, setelah, sehabis, sampai, hingga.
Contoh:
a.       Laki-laki yang membawa stetoskop itu memberikan obat penenang
      S                        P               K                     P                      O
sehingga dia bisa tidur
b.      Laki-laki tua itu kepanasan saat dia sedang bersih-bersih halaman
             S                   K                                          O
c.       Anak sekolah 2 SD itu membawa buku pelajaran yang sangat banyak
    S                                      P                   O                              K
d.      Ayah saya sering pergi ke sawah untuk memetik hasil panen.
    S                                                                P              K
e.       Perempuan yang cantik itu menghias wajahnya selagi ibunya
        S                                        P                                      O
menyiapkan baju.
           K
f.       Perempuan yang membawa bunga mawar itu memberikan satu tangkai
        S                        P                   K                       O
bunganya untuk Fira.

g.      Tukang bengkel yang ada di dekat kampus itu sangat ramah kepada
             S                                        K                        
pelanggan.
        O
h.      Sejak anak-anak saya sudah terbiasa hidup sederhana.
               O           S                   P
i.        Semenjak dia tidak lagi datang ke rumah ini saya merasa kesepian.
                  O                                                      S                      K
j.        Saya menyapu halaman rumah yang sangat luas sehingga badanku merasa
    S          P                                                  K                              O
lelah
k.      Laki-laki yang berkumis tebal itu sedang memotong rumput sambil
      S                                                  P                      O
bersiul





 II.            Hubungan syarat kalimat majemuk bertingkat
Kata penghubung yang digunakan adalah seandainya, andaikata, bilamana.
Contoh:
a.       Jika anda mau mendengarkannya maka saya mau bercerita
           S                        O                                               P
b.      Pembangunan kampus akan berjalan lancar andai kata seluruh mahasiswa
                     P                                                                                               S
mau menyumbang dana.
                                        K
c.       Pembangunan desa itu akan berjalan dengan lancar andaikata seluruh
           P
warga mau berpartisipasi.
    S                        K
d.      Jika kalian mau mengikuti lomba maka, saya akan membantunya.
             S                   O                                                      P
e.       Jika ku mau mengambilnya kamu pasti tidak akan kecewa.
                                                      P               S                                    K
f.       Seandainya saya mempunyai lahan kosong maka saya akan membuat
                                 S                               O                                          P
lapangan futsall.
             K
g.      Andaikata motor saya tidak macet saya sudah sampai rumah nenek sejak
                     O    S                                               P               K
tadi pagi.
h.      Seandainya saya menjadi guru, saya akan memberikan metode baru untuk
                       S              P                                                    O
siswa.
i.        Andai kata tidak mati lampu pasti tugas kampus saya sudah selesai
                                O                              P              S
tadi malam.
      K.w
j.        Seandainya saya punya SIM pasti saya tidak ditilang pak polisi tadi pagi.
                       S                 O                                 P                             K

 




III.            Hubungan tujuan kalimat majemuk bertingkat
Kata penghubung yang digunakan adalah agar, agar supaya, supaya, dan biar.
Contoh:
a.       Saya mengerjakan tugas itu sampai malam agar besuk pagi dapat
    S            P              P                                        K
mengumpulkannya.

b.      Saya membantu mengerjakan lukisan ibu saya di halaman rumah.
    S                                  P                                                    K
c.       Laki-laki berbaju putih itu memberikan obat penenang biar pasien itu
                S                                             P                                                  O
tidak kesakitan.

d.      Ayah Andi membenai genting rumahnya agar tidak bocor saat hujan tiba.
                    S               P                             O                                                 K
e.       Dia mengerjakan tugas dari dosen supaya mendapatkan nilai bagus.
             S
f.       Dia mengikuti lomba matematika agar mengharumkan nama kampusnya.
S                  P                      O                                                             K
g.      Tia menyemir rambutnya di salon agar kelihatan lebih cantik.
S           P                O                K
h.      Setiap hari minggu ayah lari pagi biar badannya lebih sehat.
                               K              S          P                                      O
i.        Seporter yang ada di tribun itu bersorak-sorak agar pemain lebih
                S                               K                     P                          O
 semangat.

j.        Ibu pergi ke toko untuk membeli Ricecooker untuk memudahkan
S             P                             O                K
menanak nasi.




DAFTAR PUSTAKA

Abas, lutfi.1967. Pengantar Linguistic dan Tata Bahasa Indonesia l. Bandung : Jajasan Penerbit Universitas Pajajaran.
Abdullah Hassan. 1974. The Morphosogy of Malay. Kuala lumpur : Dewan Bahasa dan Pustaka.
Abdulhaji. 1983. Pengantar Sintaksis Bahasa Indonesia. Cet. Kedua. Yogyakarta : Lukman.

No comments:

Post a Comment