Wednesday, January 18, 2012

cerita / kisah percintaan


SINOPSIS NOVEL SRIKUNING

 


Novel Srikuning karya R. Hardjowirogo menceritakan tentang kisah percintaan antara Srikuning dan Sudjana. Dalam perjalanan cintanya mereka berdua mengalami hambatan dan rintangan. Srikuning berasal dari keluarga yang berkecukupan, terpandang di desanya yaitu Kuwaron dan Srikuning pun gadis yang cantik,lugu,menjadi kembang desa. Sedangkan Sudjana hanya  seorang yatim piatu sebatangkara, tak jelas asal usulnya. Karena sering banyaknya orang yang melamar Srikuning dan dia menolak, akhirnya Surasentika beserta Ibu ining menjodohkan Srikuning dengan anak dari Tjakarja yaitu Subagya. Tjakarja sendiri juga orang yang terpandang dan kaya di desa itu. Setelah mengetahui perjodohan itu Srikuning menolaknya karena Srikuning memiliki tambatan hati yaitu Sudjana.


Berbagai cara Subagya lakukan untuk mendapatkan hati Srikunung, berbagai macam tipu muslihat dan kepicikan Subagya lakukan untuk membuat jelek Sudjana didepan Surasentika dan Srikuning. Tapi di mata Srikuning Sudjana adalah lelaki yang baik hati,bertanggungjawab dan tak melakukan tindakan keji seperti yang di tudukan Subagya. 


Disisi lain Surasentika terpilih menjadi lurah dan sudjana sebagai carik atau sekretaris desa. Surasentika tetap benci dan tidak ingin anak perempuan tunggalnya menjadi istri Sudjana. 


Karena dipaksa untuk menikah dengan Subagya terus menerus, Srikuning melariakn diri kedesa Karangdelima,tempat dimana sesepuh dan Kyai yang d percaya oleh warga. Sudjana pun pergi kedesa tersebut dan mereka berdua bertemu secara tidak sengaja d rumah Kyai Amadbadrawi. Ternyata Sudjana adalah cucu keponakan dari Kyai amadbadrawi. Akhirnya Kyai amadbadrawi menyetujui niat Srikuning dan Sudjana untuk menikah.


Mereka bertiga pergi kerumah Surasentika untuk membicarakan penikahan Srikuning dan Sudjana. Karena mengetahui asal usul Sudjana dari orang yang baik, Surasentika pun menyetujui pernikahan anaknya dengan Sudjana.


Cinta mereka bersatu di janji yang pasti setelah mereka mampu,sanggup menghadapi rintangan, fitnah,cobaan dari orang-orang yang tidak menginginkan cinta mereka bersatu.



No comments:

Post a Comment