Tuesday, January 10, 2012

MAKALAH SISTEM OPERASI ANDROID


SISTEM OPERASI ANDROID

A.    Sejarah Android

Pada saat perilisan perdana Android yaitu pada tanggal 5 November 2007,  Open Handset Alliance menyatakan mendukung pengembangan android standar terbuka pada perangkat seluler. Di lain pihak, Google juga merilis kode-kode android di bawah lisensi Apache, yaitu sebuah lisensi perangkat lunak dan standar terbuka pada perangkat seluler.
Telepon seluler yang pertama kali memakai sistem operasi Android adalah HTC Dream, yang dirilis pada 22 Oktober 2008. Pada penghujung tahun 2009 diperkirakan di dunia ini paling sedikit terdapat 18 jenis telepon seluler yang menggunakan Android. Pada 9 Maret 2009, Google merilis Android versi 1.1. Android versi ini dilengkapi dengan pembaruan estetis pada aplikasi, jam alarm, voice search (pencarian suara), pengiriman pesan dengan Gmail, dan pemberitahuan email.
Pada pertengahan Mei 2009, Google kembali merilis telepon seluler dengan menggunakan Android dan SDK (Software Development Kit) dengan versi 1.5 (Cupcake). Terdapat beberapa pembaruan termasuk juga penambahan beberapa fitur dalam seluler versi ini yakni kemampuan merekam dan menonton video dengan modus kamera, mengunggah video ke Youtube dan gambar ke Picasa langsung dari telepon, dukungan Bluetooth A2DP, kemampuan terhubung secara otomatis ke headset Bluetooth, animasi layar, dan keyboard pada layar yang dapat disesuaikan dengan sistem.
Selanjutnya Donut (versi 1.6) yang dirilis pada bulan September 2009 dengan menampilkan proses pencarian yang lebih baik dibanding sebelumnya, penggunaan baterai indikator dan kontrol applet VPN. Fitur lainnya adalah galeri yang memungkinkan pengguna untuk memilih foto yang akan dihapus; kamera, camcorder dan galeri yang dintegrasikan; CDMA / EVDO, 802.1x, VPN, Gestures, dan Text-to-speech engine; kemampuan dial kontak; teknologi text to change speech (tidak tersedia pada semua ponsel; pengadaan resolusi VWGA.

            Pada 3 Desember 2009 kembali diluncurkan ponsel Android dengan versi 2.0/2.1 (Eclair), perubahan yang dilakukan adalah pengoptimalan hardware, peningkatan Google Maps 3.1.2, perubahan UI dengan browser baru dan dukungan HTML5, daftar kontak yang baru, dukungan flash untuk kamera 3,2 MP, digital Zoom, dan Bluetooth 2.1.
                        Pada 20 Mei 2010, Android versi 2.2 (Froyo) diluncurkan. Perubahan-erubahan umumnya terhadap versi-versi sebelumnya antara lain dukungan Adobe Flash 10.1, kecepatan kinerja dan aplikasi 2 sampai 5 kali lebih cepat, intergrasi V8 JavaScript engine yang dipakai Google Chrome yang mempercepat  kemampuan     rendering pada browser, pemasangan aplikasi dalam SD Card, kemampuan WiFi Hotspot portabel, dan kemampuan auto update dalam aplikasi Android Market.
                        Pada 6 Desember 2010, Android versi 2.3 (Gingerbread) diluncurkan. Perubahan-perubahan umum yang didapat dari Android versi ini antara lain peningkatan kemampuan permainan (gaming), peningkatan fungsi copy paste, layar antar muka (User Interface) didesain ulang, dukungan format video VP8 dan WebM, efek audio baru (reverb, equalization, headphone virtualization, dan bass boost), dukungan kemampuan Near Field Communication (NFC), dan dukungan jumlah kamera yang lebih dari satu.
                        Android Honeycomb dirancang khusus untuk tablet. Android versi ini  mendukung ukuran layar yang lebih besar. User Interface pada Honeycomb juga  berbeda karena sudah didesain untuk tablet. Honeycomb juga mendukung multi  prosesor dan juga akselerasi perangkat keras (hardware) untuk grafis. Tablet   pertama yang dibuat dengan menjalankan Honeycomb adalah Motorola Xoom. Perangkat tablet dengan platform Android 3.0 akan segera hadir di Indonesia. Perangkat tersebut bernama EeePad Transformer produksi dari  Asus. Rencana masuk pasar Indonesia pada Mei 2011.

B.     Pengertian Android

                Android adalah sistem operasi yang ditujukan untuk perangkat mobile seperti SmartPhone dan Tablet yang berbasis sistem operasi Linux. Awalnya, Google Inc. membeli Android Inc yang merupakan pendatang baru yang membuat peranti lunak untuk ponsel. Kemudian untuk mengembangkan Android, dibentuklah Open Handset Alliance, konsorsium dari 34 perusahaan peranti keras, peranti lunak, dan telekomunikasi, termasuk Google, HTC, Intel, Motorola, Qualcomm, T-Mobile, dan Nvidia.

                        Di seluruh dunia terdapat dua jenis distributor sistem operasi Android. Pertama yang mendapat dukungan penuh dari Google atau Google Mail Services (GMS) dan yang kedua adalah bebas dari distribusi tanpa dukungan langsung  Google atau dikenal sebagai Open Handset Distribution (OHD).

C.     Fitur-fitur yang tersedia pada android
1.      Kerangka aplikasi yaitu sebagai penggunaan dan penghapusan komponen yang tersedia.
2.      Dalvik mesin virtual yaitu mesin virtual yang dioptimalkan untuk perangkat mobile
3.      Grafik yaitu grafik di 2D dan grafis 3D berdasarkan pustaka OpenGL
4.      SQLite untuk menyimpan data
5.      Pendukung media yaitu audio, video, dan berbagai format gambar (MPEG4, H.246, MP3, AAC, AMR, JPG, PNG, GIF)
6.      GSM, Bluetooth, EDGE, 3G, dan WiFi (hardware dependent)
7.      Kamera, Global Positoning System (GPS), kompas, dan accelerometer (tergantung hardware)



D.    Beberapa aplikasi penting untuk Android, antara lain:
1.      Ringdroid
Ringdroid adalah pencipta nada dering untuk ponsel pintar android. Dengan ringdroid kita dapat dengan mudah mengkonversi lagu yang ke dalam nada dering atau bahkan klip video. Hal ini didukung dengan adanya MP3, AA/MP4, WAV DAN / 3GPP format AMR. Kita dapat menyesuaikan pengaturan seperti menandainya sebagai musik, nada dering, alarm atau pemberitahuan.
2.      Taskiller
Taskiller mempunyai fitur otomatis seperti menghentikan semua aplikasi bila kita ingin mematikan layar telpon seluler atau tablet.
3.      Facebook for Android
Facebook adalah yang paling populer di jaringan sosial dunia maya. Untuk pengguna android, Facebook untuk android akan memudahkan kita untuk terhubung dengan facebook dan berbagi informasi, foto, video, update, dll.
4.      Fandango Movies
Fandango movies akan membawa film dan showtime dari Fandango.com. dengan fandango movies kita bisa menikmati update terbaru dari film-film Hollywood.selain itu kita juga dapat menemukan film bioskop, showtime, dan trailer.
5.      Chrome To Phone
Google telah merilis “Chrome To Phone untuk ponsel pintar Android. Untuk perangkat android, Google Chrome digunakan untuk mengirim link dan informasi lainnya.
6.      Astro File Manager
Astro file manager digunakan untuk mengelola file pada SD RAM, beberapa direktori, backup, mengatur & menjalankan aplikasi, dengan tampilan thumbnail dan membuat kompresi.
7.      Barcode Scanner
Scan barcode adalah aplikasi gratis bagi pengguna ponsel android. Barcode  scanner berguna untuk membaca barcode pada CD, buku, dan produk lainnya. Selain itu juga berguna untuk pemindaian URL, info kontak, kalender,dll.
8.      Google Maps
Google map adalah aplikasi yangmantab untuk ponsel android, karena dengan google maps kita daqpat melihat lokasi, buzz, daftar bisnis, petunjuk arah dan yang lainnya.
9.      Quick Settings
Quick settings adalah aplikasi luar biasa untuk ponsel pintar android, karena dengan aplkasi ini kita dapat melakukan fungsi konektivitas yang  meliputi Wi-Fi, Bluetooth,pilihan komunikasi 3G dan lainnya.
10.  Seesmic
Seeismic dirancang untuk pengguna ponsel android. Dengan seesmic kita dapat mengelola account twitter dengan tampilan yang sederhana dan indah.


E.     Keunggulan Android
1.      Sangat cepat berkembang
Terhitung sejak pertama kali dirilis tahun 2007-2010, Android telah memiliki banyak sekali kemajuan dan perkembangannya.
2.      Keunggulan dalam fitur-fiturnya
3.      Android sebagai sistem operasi open sourceyang didistribusikan secara terbuka (open source) sehinnga pengguna bisa membuat aplikasi baru didalamnya.
4.      Lebih banyak model
Google telah menjalin kerjasama dengan berbagai vendor hrdware seperti Samsung, HTC, Motorola, Sony Ericsson dan lain-lain, karena kerjasama inilah masyarakat dapat dengan leluasa memilih model dari berbagai vendor.
5.      Akses mudah terhadap ribuan aplikasi android lewat ggogle android App Market. Ada banyak aplikasi dan games yang bisa di download di ponsel Android.
6.      Bisa menginstal ROM yang dimodifikasi
Jika kita tidak puas dengan tampilan standar Android, maka ada banyak Costum ROM yang bisa kita pakai di ponsel Android.
7.      Dengan adanya Widget di Homescreen, kita dapat mengakses berbagai setting dengan cepat dan mudah.

F.      Kelemahan Android
1.      Kebanyakan ponsel Android memerlukan koneksi internet yang simultan/ terus menerus aktif, dengan begitu kita harus berlangganan paket GPRS yang sesuai dengan kebutuhan.
2.      Iklan
Aplikasi di ponsel Android memang bisa didapatkan dengan mudah dan gratis, tetapi kita harus  menerima konsekuensinya yaitu akan selalu ada iklan yang terpampang, entah itu dibagian atas atau bawah aplikasi.
3.      Ancaman lisensi
Karena latar belakang Android yang menggunakan teknologi java, google telah diancam melanggar hak paten dari Oracle ( perusahaan yang sekaran memiliki lisensi java). Karena google telah membuat virtual machine baru yang dasarnya dari teknologi java. Bisa jadi akan ada hambatan dalam pengemmbangannya.


 



DAFTAR PUSTAKA




No comments:

Post a Comment