Saturday, June 23, 2012

HTC One S dilengkapi dengan Kamera Senjata


HTC One S, Kamera Jadi SenjataHTC One S, Kamera Jadi Senjata  

Lengkap sudah anggota keluarga HTC One yang hadir di Indonesia, yakni seri X, V, dan S. Yang terakhir disebutkan baru diperkenalkan pada pameran Indonesia Cellular Show di Jakarta, dua pekan lalu.

Si bungsu dari keluarga HTC One ini sengaja didatangkan belakangan. »Di Cina dan Amerika Serikat sudah lebih dulu,” kata Samudro Seto, Head of Product Marketing HTC Indonesia, di Jakarta kemarin.

Selama ini Cina dan Amerika memang menjadi tujuan pertama dalam ranah pemasaran di industri teknologi informasi. Alasannya, Cina merupakan pasar dengan volume tertinggi. Sedangkan di Amerika Serikat, perusahaan operator seluler yang mendorong pertumbuhan pasar gadget.

Kembali ke HTC One, Seto mengatakan, salah satu keunggulan ponsel cerdas ini terletak pada teknologi kamera. Selain itu, tampilannya yang tipis dan ringan menambah kesan trendi.

Dalam pengujian, situs teknologi TechCrunch memberikan nilai 4,5 dari 5 bintang untuk HTC One S. Supaya lebih jelas, mari kita uraikan satu per satu fitur yang ada di ponsel seharga Rp 5,499 juta ini.

DESAIN
Untuk pasar Indonesia, Seto punya jurus jitu agar HTC One S lebih mudah diterima konsumen. »Pegang dan rasakan dulu,” katanya.

Ponsel ini begitu ramping dan ringan dengan ketebalan 7,95 milimeter dan bobot 119 gram. Seluruh tubuhnya dibalut bahan aluminium yang disepuh warna abu-abu.

Permukaannya sangat halus, sehingga harus berhati-hati ketika menggenggamnya, apalagi jika telapak tangan Anda basah.

Keunikannya ada di bagian 'punggung'. HTC membuat gradasi warna abu-abu yang berbeda-beda di setiap unit One S. Ada yang lebih terang dan gelap. »Kami membuatnya dengan proses micro-arc oksidasi,” ujar Seto.

Seperti dua saudaranya, HTC One X dan V, seri One S juga menganut desain unibody alias tanpa celah dan sekrup. Menurut Seto, desain inilah yang memungkinkan ponsel tampil lebih langsing.

Selain lebih tipis, salah satu sisi positif dari bentuk ini adalah, apabila ponsel terjatuh, baterai dan penutupnya tidak akan terlepas dan berhamburan. Sayang, desain ini juga tidak »mengizinkan” Anda mengganti baterai sendiri.

Bagian atas HTC One S dapat »dikupas” untuk menyisipkan kartu SIM jenis micro-SD. Di sana juga terdapat tombol power dan jack audio 3,5 milimeter. Di sisi kanan tersedia tombol volume dan pada arah berlawanan terdapat port micro-USB.

KAMERA
Salah satu fitur kunci HTC One S terletak pada teknologi kamera. »Kecepatan, kualitas gambar, dan video picture menjadi andalan,” kata Seto.

Kamera ponsel ini mampu mengabadikan empat frame setiap detik dan menembak 60 gambar secara terus-menerus. Menurut dia, kamera pada ponsel pintar seharusnya bisa mengabadikan momen yang sifatnya spontan.

Adapun kualitas gambar dimaksudkan pada penyesuaian pencahayaan dalam situasi apa pun. Di sini, fungsi sensor image dengan bukaan lensa f 2.0 plus lampu kilat menjadi penting.

Bukaan lensa f 2.0 membuat hasil obyek yang dibidik menjadi lebih terang tanpa flash karena banyaknya pencahayaan yang masuk. Bandingkan dengan smartphone lain yang memiliki bukaan lensa lebih kecil, semisal iPhone 4S dengan f 2.4 dan Samsung Galaxy S3 f 2.6.

Kalaupun Anda membutuhkan lampu kilat, LED flash yang terpasang di sebelah kamera utama dengan resolusi 5 megapiksel ini dapat mengidentifikasi jauh-dekat obyek. Akibatnya, cahaya yang dipancarkan tidak terlalu terang jika posisi gambar terlalu dekat.

Hanya, ada satu catatan kecil pada fungsi kamera ini, tidak ada tombol khusus kamera sebagai jalan pintas untuk mengambil gambar.

»Ini hanya soal kebiasaan saja,” kata Seto. Kendati tak ada shortcut ke kamera, ia mengatakan, waktu yang dibutuhkan untuk mengaktifkan kamera dari ponsel dalam posisi terkunci hanya 0,7 detik.

KINERJA
Ponsel cerdas dengan layar selebar 4,3 inci dan resolusi 540 x 960 piksel ini menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon S3 berkecepatan 1,7 GHz.
Kapasitas penyimpanan internal yang tersedia sebesar 16 GB minus slot micro-SD. Namun HTC menyediakan layanan DropBox sebesar 25 GB selama dua tahun.
Untuk tampilan antarmuka, ponsel berbasis Android 4.0 Ice Cream Sandwich ini menerapkan HTC Sense UI. Di bagian bawah layar terdapat tiga tombol sentuh untuk back, home, dan widget.

SPESIFIKASI
Sistem operasi: Android 4.0 Ice Cream Sandwich
Prosesor: Dual-core Qualcomm Snapdragon S3 1,7 GHz
Total RAM: 1 GB
Kapasitas simpan: 16 GB plus 25 GB dari DropBox
Luas layar: 4,3 inci (540 x 960 piksel)
Konektivitas: jack audio 3,5 mm; Bluetooth; Wi-Fi; DLNA; micro-USB 2.0
Kamera: 8 MP (belakang) dan VGA (depan)
Baterai: Li-Polymer 1.650 mAh
Dimensi: 130,9 x 65 x 7,95 mm
Berat: 119 gram
Harga: Rp 5,499 juta
KELEBIHAN
Kualitas kamera bagus
Kinerja cepat
KEKURANGAN
Tak ada shortcut ke kamera

RINI KUSTIANI
Berita terpopuler

 

 

No comments:

Post a Comment